7 Museum Menarik Di Jakarta

shares |



Sudah bosan menghabiskan akhir pekan di mall, kafe, atau bioskop? Cosmo ada ide seru untuk kamu. Kunjungi salah satu dari 7 museum menarik berikut yang ada di Jakarta, dan kamu tidak akan menyesalinya! Kamu tidak hanya akan menikmati perubahan suasana dan belajar lebih banyak tentang Indonesia, tetapi kamu juga akan lebih berhemat, lho. Bayangkan saja, tiket masuk untuk museum-museum berikut lebih murah dari minuman frappuccino favorit kamu di Starbucks!

1. Museum Taman Prasasti
Jl. Tanah Abang I No. 1, Gambir, Jakarta Pusat
Museum cagar budaya peninggalan masa kolonial Belanda ini memiliki koleksi prasasti nisan kuno, koleksi kerata jenazah antik, dan juga miniatur makam khas dari 27 provinsi di Indonesia. Keren, ya! Museum seluas 1,2 ha yang berada di Tanah Abang ini menampilkan karya seni dan memamerkan kecanggihan para pematung, pemahat, kaligrafer dan sastrawan. Psst, ada lebih dari 1300 makam di sini, termasuk prasasti milik aktivis Soe Hok Gie dan Kapitan Jas, lho.

2. Museum Minyak dan Gas Bumi
Jl. Taman Mini Indonesia Indah, Cipayung, Jakarta Timur
Museum yang dibuka pada tahun 1989 oleh Presiden Soeharto ini dibangun untuk menandai peringatan 100 tahun industri minyak dan gas bumi di Indonesia. Arsitektur museum ini canggih, dengan gedung berbentuk offshore platform yang berdiri di atas danau buatan seluas 11.000 m2. Wow! Ada ruang pameran yang menceritakan sejarah gedung perminyakan, teater yang memutar berbagai film pendek, peralatan pengeboran minyak dan peragaan sejarah, hingga perpustakaan dan ruang auditorium yang dapat disewa oleh masyarakat.

3. Museum Prangko Indonesia
Jl. Taman Mini Indonesia Indah, Cipayung, Jakarta Timur
Dihiasi sejumlah ukiran dan patung gaya Bali dan Jawa, Museum Prangko memamerkan koleksi aneka prangko Indonesia dan luar negeri. Ada 6 ruang pamer yang menampilkan banyak hal menarik, seperti foto-foto prangko pertama di dunia, silinder cetak yang dipakai untuk menghasilkan prangko seri lukisan Raden Saleh, prangko tahun 1864-1950, prangko tematik, and much, much more!

4. Museum Nasional Indonesia
Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Gambir, Jakarta Pusat
Museum legendaris yang juga dikenal sebagai Museum Gajah ini merupakan museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara! Didirikan oleh Pemerintah Belanda pada tahun 1778, Museum Gajah banyak mengoleksi benda kuno dari seluruh Nusantara termasuk arca, prasasti, barang kerajinan, dan benda-benda bersejarah lainnya. Semua koleksi tersebut dikatergorisasikan ke dalam etnografi, perunggu, prasejarah, keramik, tekstil, numismatik, relik sejarah, buku langka dan benda berharga. Saat berkunjung, jangan lewatkan koleksi arca Buddha dan Hindu tertua yang disimpan dalam Ruang Perunggu dan Arca Batu, ya.

5. Ciputra Artpreneur Museum
Lotte Shopping Avenue, Kuningan, Jakarta Selatan
Museum modern ini menampilkan berbagai karya kontemporer yang merupakan koleksi pribadi dari Dr. Ir. Ciputra. Di sini, kamu bisa belajar tentang perkembangan seni Indonesia dan melihat lukisan-lukisan yang digambar oleh Hendra Gunawan.

6. Museum Basoeki Abdullah
Jl. Keuangan Raya No.19, Cilandak, Jakarta Selatan
Who is Basoeki Abdullah? Untuk kamu yang tidak mengenal nama tersebut, Fransiskus Xaverius Basoeki Abdullah adalah salah seorang maestro pelukis aliran realis dan naturalis. 8 tahun setelah Basoeki meninggal secara tragis pada tahun 1993, rumahnya direnovasi menjadi museum agar ia dapat selalu dikenang. Kini, kumpulan lukisan dan koleksi pribadi miliknya berupa patung, topeng, wayang, senjata, buku dan sebagainya bisa kamu lihat di Museum Basoeki Abdullah.

7. Museum Serangga dan Taman Kupu
Taman Mini Indonesia Indah, Cipayung, Jakarta Timur
Meskipun mungil, Museum Serangga ini kaya dan cukup mengesankan! Museum Serangga dan Taman Kupu berdiri pada April 1993 bertepatan dengan ulang tahun Taman Mini Indonesia Indah yang ke-18. Ada sekitar 600 jenis serangga awetan kering, didominasi oleh kupu-kupu (sekitar 250 jenis), kumbang (sekitar 200 jenis), dan 150 species serangga lainnya. Kamu juga bisa melihat bermacam belalang, capung, jangkrik, dan banyak spesimen unik… termasuk koleksi serangga hidup berupa belalang ranting dan kecoa Madagascar raksasa! Do you dare?

sumber : http://www.cosmopolitan.co(dot)id

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar