7 Wisata Museum di Bandung

shares |


Bandung merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang sering dikunjungi oleh para wisatawan.  Banyak yang menarik dari kota ini, diantaranya cuaca yang sejuk dan lingkungannya ramah sehingga membuat orang betah berlama-lama menghabiskan waktu di Kota Kembang ini.

Selain itu, Bandung memiliki banyak destinasi wisata yang amat beragam dan terbilang cukup unik, seperti wisata kuliner, taman bunga, taman kota, wahana bermain, pusat perbelanjaan, hingga museum.

Untuk museum sendiri, Kota Bandung memiliki 7 referensi wisata museum di Bandung yang bisa kamu kunjungi. Berikut ini daftarnya.

MUSEUM GEOLOGI

Wisata museum Bandung yang perlu kamu kunjungi pertama adalah Museum Geologi. Museum ini terbagi menjadi beberapa ruang pamer yang menempati lantai I dan II. Dalam Museum ini, kamu bisa melihat berbagai koleksi materi-materi geologi yang berlimpah, seperti fosil, batuan, dan mineral.  Museum Geologi sendiri bisa kamu kunjungi di Jalan Diponegoro Nomor 57, Bandung. Museum Geologi dibuka setiap hari Senin-Kamis pukul 08.00-16.00 WIB, dan Sabtu-Minggu dari Pukul 08.00-14.00 WIB. Sedangkan untuk hari Jumat dan hari libur nasional.

MUSEUM PENDIDIKAN NASIONAL

Museum kedua lainnya yang bisa kamu kunjungi adalah Museum Pendidikan Nasional. Berada di dalam kompleks kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bumi Siliwangi di Jalan. Dr. Setiabudhi, Museum ini dibangun dengan gaya modern minimalis yang terdiri dari 4 lantai yang berisi berbagai koleksi berbeda di setiap lantainya. Di lantai satu, kamu bisa melihat perkembangan pendidikan dari jaman pra-sejarah, pendidikan berbasis agama, pendidikan jaman kolonial, pendidikan jaman Jepang, sampai pendidikan jaman kemerdekaan.

Di lantai dua kamu bisa melihat bagaimana pendidikan pada zaman reformasi. Di sini, ada beberapa patung tokoh pendidikan nasional yang bisa kamu lihat, diantaranya patung Ahmad Dachlan, Ki Hajar Dewantara, R.A. Lasminingrat, Ahmad Syafe’i, dan tokoh lainnya. Di lantai ketiga, kamu bisa melihat koleksi-koleksi mengenai sejarah pendidikan di Jawa Barat, salah satunya sejarah Universitas Pendidikan Indonesia. Sementara di lantai empat, dipajang koleksi foto-foto rektor UPI dari masa ke masa dan keadaan UPI di masa depan yakni di tahun 2040 dan bagaimana perkembangan pendidikan Indonesia di masa depan.

MUSEUM POS INDONESIA

Berlokasi di Jalan Cilaki Nomor 73, Bandung, tepatnya di samping Gedung Sate. Di tempat ini kamu bisa melihat banyak sekali koleksi perangko dari berbagai penjuru dunia. Museum Pos Indonesia ini bisa menjadi wisata museum Bandung yang wajib dikunjungi jika kamu sedang mampir di Bandung.  Selain itu, kamu juga bisa melihat koleksi perkembangan baju dinas dan berbagai peralatan pos lainnya dari masa ke masa.

MUSEUM KERETA API

Museum ini berisi peninggalan sejarah perkeretaapian di Indonesia. Museum kereta api baru di buka secara resmi tanggal 21 Juni 2010. Di sini kamu bisa melihat barang-barang bersejarah seperti mesin telepon kayu, mesin pembuat karcis, dan alat komunikasi telegraf. Di museum Kereta Api kamu juga bisa melihat ilustrasi dari stasiun-stasiun kereta yang ada di pulau jawa,

MUSEUM SRI BADUGA

Memiliki beragam macam koleksi,Museum Sri Baduga ini selalu menjadi favorit oleh para wisatawan yang hendak berkunjung ke Bandung. Di sini, kamu bisa melihat banyak koleksi, mulai dari Geologika, Biologika, Etnografika, Arkeologika, Historika, Filologika, Keramik, Seni Rupa dan Teknologi. Di museum ini, diperkirakan ada 5.367 buah koleksi dan terbanyak adalah koleksi rumpun Etnografika yang berisi benda-benda budaya daerah. Jumlah koleksi tersebut tidak terbatas pada bentuk asli, tapi dilengkapi dengan koleksi replika, miniatur, foto, dan maket. Nama Sri Baduga diambil dari nama Raja Sunda yang bertahta di Pakuan Pajajaran. 

MUSEUM KONFERENSI ASIA AFRIKA

Wisata museum Bandung selanjutnya adalah Museum Konferensi Asia Afrika (KAA). Museum ini terdiri dari pameran tetap, perpustakaan, audio visual, riset, dan aktivitas lainnya. Museum ini menjadi memorabilia Konferensi Asia Afrika dan memiliki hubungan yang sangat erat dengan Gedung Merdeka. Gedung Merdeka memiliki dua bangunan utama, yaitu Gedung Merdeka sebagai tempat sidang utama, sedangkan yang berada di samping Gedung Merdeka adalah Museum Konferensi Asia Afrika sebagai tempat memorabilia Konferensi Asia Afrika.

Alasan dibangunnya museum ini, karena munculnya keinginan dari para pemimpin bangsa-bangsa di Asia dan Afrika untuk mengetahui tentang Gedung Merdeka dan sekitar tempat Konferensi Asia Afrika berlangsung. Museum ini terletak di Jalan Asia Afrika Nomor 65, Bandung dan buka setiap hari Selasa-Kamis, pukul 08.00-16.00 WIB. Pada hari Jumat buka pukul 14.00-16.00 WIB, sementara Sabtu-Minggu buka pukul 09.00 - 16.00 WIB.

MUSEUM MANDALA WANGSIT SILIWANGI

Museum terakhir yang menajdi rekomendasi dan bisa kamu kunjungi jika berada di Bandung adalah, Museum Mandala Wangsit Siliwangi. Di dalam Museum yang satu ini, memiliki banyak barang-barang bersejarah dan sisa-sisa perjuangan para tentara pada masa penjajahan dahulu, seperti berbagai macam senjata tradisional, koleksi uang pada masa penjajahan, dan foto-foto para pemimpin mantan Panglima Divisi Siliwangi.

Museum Mandala Wangsit Siliwangi buka setiap hari Senin-Kamis pukul 08.00-13.00 WIB, Jum'at pukul 08.00-10.00, dan pada hari Sabtu dari pukul 08.00-12.00. Lokasi dari museum ini terletak di Jalan Lembong No 38, Braga, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40181.


Itu 7 referensi wisata museum Bandung yang bisa kamu kunjungi saat pergi ke Kota Kembang. Berkunjung ke museum bukan berarti membosankan, justru kamu akan makin mengenal sejarah negeri sendiri dan bisa makin mencintai Indonesia. Selamat berwisata ya!

sumber : portal.axa.co(dot)id

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar